Sabtu, 22 April 2017





INFORMASI MENARIK TENTANG MANTIS (BELALANG SEMBAH)
Teman teman semua tentu tidak asing lagi dengan serangga yang satu ini, ya.. dia adalah “ Mantis” salah satu karakter dalam cartoon Kungfu Panda yang suaranya diisi oleh komedian Seth Rogen mantis merupakan anggota paling kecil dari Furious five. Walaupun ukurannya sangat kecil tetapi ia sangat kuat dan cepat. Dalam blog perdana saya ini saya menulis tentang serangga ini karena faktanya yang unik. Berikut ulasannya............

                    

Mantis atau biasa disebut belalang sembah adalah serangga yang termasuk dalam ordo Mantodea. Dalam bahasa inggris, serangga ini biasa disebut ”praying mantis” karena sikapnya yang seringkali kelihatan seperti sedang berdoa. Kata mantis berasal dai bahasa Yunani “Mantes” yang berarti “Nabi” atau peramal nasib. Banyak sebutan dalam bahasa lokal seperti walang kekek (Alor,NTT), congcorang (bahasa Sunda/bahasa Betawi), walang kadung (bahasa Jawa), dan mentadak (bahasa Melayu). (wikipedia)
Klasifikasi Belalang sembah adalah sebagai berikut :
Kingdom        : Animalia
Subkingdom    : Invertebrata
Filum         : Arthropoda
Kelas         : Insecta
Ordo         : Mantodea
Famili        : Mantidae
Genus        : Mantis
Spesies      : Mantis religiosa

Master Mantis dalam film kungfu panda adalah belalang yang memiliki kecepatan serangan yang hebat. Begitu juga dialam nyata, belalang sembah adalah serangga predator yang cekatan. Kedua tangannya yang selalu tertangkup didepan dadanya seolah-olah jurus ancang-ancang perlawanan atau perburuan mangsa. Pantas saja menjadi salah satu jurus dalam silat, jurus congcorang. Itulah mungkin sebabnya dinamakan belalang sembah. Ciri khas yang lain adalah kaki depannya besar dan berduri tajam. Duri-duri tajam ini adalah alat untuk menangkap  dan mencengkram mangsanya agar tidak muda lepas. Mata belalang juga sangat tajam berbeda dengan mata manusia, walaupun sama-sama bermata dua, tetapi belalang sembah memiliki  Compound eye. Salah satu ciri lain dari belalang sembah adalah ketika kawin belalang betina akan memakan belalang jantan.

Belalang sembah memiliki mata majemuk besar berjumlah sepasang di kepala berbentuk segitiga dengan berbagai macam fungsi. Mereka menggunakan mata untuk mendeteksi pergerakan mangsa dan memutar kepala mereka untuk membawa mangsanya ke dalam bidang teropong pandang. Mereka memiliki kepala  yang dapat memutar 180 derajat. Pada kepala juga terdapat sepasang antena yang digunakan sebagai indera pembau.
Makanan belalang sembah

Menjadi serangga karnivora, belalang sembah memakan serangga lain seperti Lalat Buah, Jangkrik, Beetles, Ngengat dan Lebah. Namun, mantis yang berukuran lebih besar tidak jarang untuk memakan reptil kecil, burung dan bahkan mamalia kecil. Untuk menangkap mangsanya, mantis menggunakan kamuflase mereka untuk berbaur dengan lingkungan dan menunggu mangsa berada dalam jarak mencolok. Mereka kemudian menggunakan kaki depan raptorial mereka untuk cepat merebut korban. Teknik memangsa belalang sembah seperti ular, jadi belalang sembah menunggu mangsa sambil menekukan tangannya sampai seperti orang yang sedang berdoa lalu dia menunggu mangsa sampai dekat dengan jangkauannya setelah itu ia melentingkan tangannya seperti pegas dan menangkap mangsanya dengan menjepitnya.
Cara Reproduksi Belalang Sembah
Belalang sembah dibiakan lewat telur. Dalam sekali reproduksi, belalang sembah betina mampu menghasilkan 300 telur yang dikemas dalam kantung busa. Istillah kantung telur itu ootecha, kantung busa yang mengeras. Telur-telur itu akan menetas dalam jangka waktu 5 bulan, sejak menetas sebelum keluar sebagai nimfa, mereka masih memerlukan waktu sekitar lima minggu. Nimfa-nimfa itu akan keluar seperti belalang dewasa tetapi berukuran sangat kecil. Mereka bisa berganti kulit sampai sepuluh kali sesuai dengan usia mereka. Pergantian kulit ini dimaksudkan untuk menjaga dirinya dari hewan pemangsa lain.


Habitat Belalang Sembah
Kebayakan belalang sembah hidup di daerah tropis dan banyak ditemukan rerumputan atau tanaman yang berbunga, yakni tempat kupu-kupu menghisap sari bunga. Warna tubuhnya yang hijau memebuat belalang sembah menyerupai daun sehingga tak terlihat oleh mangsanya.
Penyamaran Belalang Sembah yang Sempurna
Salah satu keunikan dari Master mantis ini adalah pandai menyamar. Penyamaran ini dilakukan ketika ada predator lain atau pada saat mencari mangsa. Ketika belalang sembah masih muda, belalang sembah bunga akan menyerupai kumbang pembunuh yang mempunyai gigitan yang sangat sakit. Penyamaran ini akan menyelamatkan anak-anaknya daripada pemangsa. Menjelang dewasa belalang sembah akan berubah menyerupai bunga atau pohon didekatnya dan bersembunyi ditempat terbuak. Setelah dewasa belalang sembah akan menjadi belalang sembah berwarna hijau seperti yang sering kita temui di dedaunan.  Ada banyak jenis belalang sembah, misalnya belalang sembah kelabu. Belalang sembah ini akan melekat pada batang pohon yang dipenuhi dengan kulit kering pohon  dan sukar dibedakan dari pohon itu sendiri.
Fakta Unik Belalang Sembah

Belalang sembah berevolusi dari kecoa purba, yang memisah dari leluhur bersama pada periode kapur (Kretasius), mungkin daris erangga seperti Raphidiomimula burmitica, sejenis kecoa predator dengan kaki depan mirip belalang sembah. Mungkin belalang sembah modern adalah Regiata scutra, dan Santanmantis, genus berkaki bengkok, yang juga dari masa kapur. Seperti sepupu mereka, rayap, belalang sembah tidak menyebar luas hingga awal periode tersier.
      Yang paling menarik dari Ciri belalang sembah adalah saat belalang sembah kawin, maka belalang sembah yang betina akan memakan kepala pejantannya, yang bertujuan untuk mendapatkan zat gizi yang dibutuhkan untuk telur agar dapat menetas dan juga untuk menigkatkan kesuburan hasil perkawinan mereka. Kecepatan belalang sembah untuk menangkap mangsanya mencapai 1/20 detik.


Referensi
http://pelangibiologiasdariah.blogspot.co.id/2011/12/belalang.html



PePR
Referensi
R


10 komentar:

  1. Tulisan yang bagus. Ide yang cemerlang. Saran saya, kira-kira bisa tidak sertakan cara untuk mempertahankan spesies ini agar tidak punah ? thanks.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas kritik dn sarnnya temn.. aa sebenrnya serangga ini adalh hewan yg hidup di alm bebs atw bisa diktakn jarang di konservasi tetapi sesuai dengan kebutuhan khusus ada orang yang memeliharanya dn memanfaatknnya sebagai pembasmi hama secara alami jadi ada teknik khusus untk melihranya yaitu penyediaan tmpt tinggl, pemberian maknn, molting dll sebginya sya rsa in jga cra agr tetap mempertahnkn spesies trsbt.

    BalasHapus
  3. Tulisannya sudah bagus, hanya perlu ditambahkan tentang bahaya yang diakibatkan dari gigitan serangga ini pada anak-anak. Penulis juga mesti tambahkan klasifikasi Belalang Sembab dari beberapa negara. Sebab kondisi iklim suatu negara bisa merubah bentuk dan struktur tubuh Belalang Sembah

    BalasHapus
  4. Termksh om ats msuknnya. Sebnarnya gigitn dri belalng ini tdk berbhya bgi ank' hanya sja ad mantis tertntu yg terinfeksi cacing gordian, ini yg berbhya jika msuk ke tubh mnsia karena ccing ini dapt menginfeksi orgn tbuh tertntu.

    BalasHapus
  5. Dunia serangga memang menakjubkan untuk di explore. Sering serangga yang kita anggap merugikan ternyata dalam struktur ekologi mempunyai fungsi yang sangat vital. Terima kasih untuk berbagi ilmu

    BalasHapus
  6. Sorry ni gan..gw pelihara Mantis..krna suka aja dengan insect predator.terlebih gayanya yg keren

    Gw pelihara udah 2 kali
    Yg pertama...pernh sebesar telapak tangan org dewasa,smpai di badannya ada duri arah kesamping,kalau gw cek di google..belum ada tu gambar,tp itu emng gw liat sndiri...
    Akhirnya mati krna gw kluar kota,dianya metamorfosis dan disaat itu gw gak bisa rawat kandang krna gak dirumh...dan semutpun habisin Mantis gw yg pertama


    Selang berapa tahun kemudian..kini gw punya Mantis lagi,tp anehnya udah seminggu lebih ni Mantis belum metamorfosis lagi,malah gw liat perut smping nya kayak kebuka gitu,gw pikir dia cacat/sakit...berapa hari berikutnya..malah gw nemuin sarang setelah gw cek di google ternyata telur Mantis...

    Nah aneh nya gan...Mantis gw cuma se ekor..dan gw gak tau ini jantan atau betina...dan kenapa bisa bertelur,klo lu bikin di artikel lu Mantis kawin setelah itu betelur....


    Jgn bilang Mantis gw kawin SMA jangkrik...
    Krna selama ini gw kasih makan jangkrik.wkwkwkkw

    Ok gan..mohon cerahannya..thx

    BalasHapus
  7. Saya pelihara mantis dari hasil berburu di taman dan sawah. Dari 8 ekor yg pernah saya pelihara tinggal 3 yg hidup. 2 betina dan 1 jantan. Seminggu yg lalu saya kawinkan. Dan 5 hari kemudian bertelur.

    BalasHapus